Blogger, Baca Ta’awwudz Sebelum NGEBLOG

“A’uudzu billaahi minas syaithoonir rojiim”
Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk.

Kalo baca sekilas dari judulnya, mungkin sampeyan timbul prasangka sok agamis lah, sok alim lah, sok suci atau sok apa lah … Mosok NGEBLOG pake acara baca ta’awwudz. Memangnya NGEBLOG ada syetannya ?

He he biasa aja keles, ini urusannya dudu masalah sok sok-an. Cuma baca ta’awwud aja, emang salah??? Tapi, gak apa – apa lah. Langsung wae saja jawab, “iya, tidak hanya ada syetannya, tapi banyak bingits”

Pada dasarnya ngeblog adalah menggunakan internet sebagai fasilitas untuk berbagi informasi lewat blog, baik itu informasi yang bermanfaat buat orang lain ataupun kurang bermanfaat.

Bila sudah bicara soal internet sebagai fasilitas, kita semua tau kan kalo internet itu ibarat alam dengan segala pernak perniknya. Apakah internet itu baik atau buruk tergantung bagaimana cara dan untuk apa kita menggunakannya. Bila digunakan buat kebaikan, internet akan jadi hal yang baik dan bermanfaat. Sebaliknya, bila digunakan untuk hal negatif dan tindakan kejahatan, internet akan jadi barang yang mudharat.

Syetan, paling tidak suka ada orang berbuat kebaikan. Karena itu, syetan selalu berusaha menjerumuskan orang ke dalam tindakan jahat dan negatif dengan segala cara dan upaya, dengan segala sarana dan prasarana. Pokok’e apapun yang bisa digunakan untuk menjerumuskan manusia ke dalam dunia ‘persyetanan’, syetan pasti menggunakannya.

Awake dewe tau kan kalo di internet itu penuh dengan godaan. Ada penipuan, kekerasan, pornografi, phising, juga game – game yang bikin kita lupa waktu buat sholat, lupa makan, lupa tidur dan lupa kerja. Nah, hal – hal kayak gitu itu yang dipake syetan buat menggoda para pengguna internet termasuk para Blogger.

Kebiasaane blogger kalo atine gak benar – benar nawaitu dan fokus, pasti kemana – mana dulu sebelum mulai ngeblog. Kalo hanya sekedar liat liat news yang halalan thoyyiban sih gak masalah. Lah┬ákalau yang diliat adalah ‘dunia terlarang’ jebakan syetan, piye jal???

Makane, tak salah kan kalo blogger baca ta’awwudz sebelum NGEBLOG, minta perlindungan biar gak┬ájadi blogger kesasar dan nyasar nyasar.

2 Comments on "Blogger, Baca Ta’awwudz Sebelum NGEBLOG"

  1. Naahh ikkiii….. HaL speLe uwenting tp sering saya abaikan. Ntah itu lupa atau apapun itu seng jelas nek dilakoni kok banyak jg manfaate kalo dipikir lbih teliti…. Ibarat sambel iki rasane pedhes. Ibarat sumur jeruuu banget tp banyune suweghiirrr….. Mantheebb thoooo

Leave a comment

Your email address will not be published.


*